Tentang Kami

Apa sih TentangSolo itu?

TentangSolo merupakan situs informasi dunia wisata (MICE) yang sengaja disajikan dengan pendekatan tertimonial pengelola. Dengan demikian, Anda tidak merasa berjarak ketika ingin mengenal lebih jauh tentang berbagai hal menyangkut Kota Solo khususnya, dan daerah-daerah di sekitarnya.

Sekilas Cerita Tentang Solo

Banyak orang masih bingung terhadap istilah Solo, Sala atau Surakarta. Solo, menurut kami, merupakan sebutan populer untuk Kota Surakarta. Bahkan, karena kelewat populernya, banyak yang mengira Surakarta itu bagian dari Solo, atau bahkan berada di luar Solo.

Padahal, Surakarta adalah nama resmi yang digunakan untuk berbagai keperluan administratif tata pemerintahan/kenegaraan. Kota Surakarta sendiri merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Republik Indonesia atas keberadaan Kraton Surakarta Hadiningrat, yang merupakan negara/kerajaan mandiri sebelum Republik Indonesia diproklamirkan. Kraton Surakarta, tak lain adalah kerajaan penerus Dinasti Mataram, yang dipimpin oleh seorang Sunan dan rajanya bergelas Paku Buwana.

Sedang Sala berasal dari nama desa yang kini menjadi kompleks Kraton Surakarta. Menurut sejarah, Kraton Kartasura dianggap sudah tidak aman dan nyaman dijadikan pusat pemerintahan. Pada akhir abad ke-18, Raja Paku Buwana II yang baru berusia 16 tahun, menghadapi situasi politik yang gawat. Di Batavia, Kumpeni Belanda membinasakan 10.000 keturunan Cina. Sementara, Kraton Kartasura juga menghadapi serbuan Raden Mas Garendi atau Sunan Kuning dari Semarang, sehingga kraton dianggap tidak aman.

Lalu, dicarilah tempat-tempat baru, hingga akhirnya dipilih Desa Sala, kira-kira 10 kilometer ke arah timur Kartasura. Konon, Desa Sala berasal dari nama sesepuh desa yang dikenal dengan nama Kyai Sala atau Ki Gede Sala. (Kitab Solo, Arswendo Atmowiloto, 2008).

Siapa saja dibalik TentangSolo?

@blontankpoer

Blontank Poer, seorang jurnalis lepas kelahiran Klaten, yang telah bermukim di Solo selama 22 tahun lebih. Keluasan pergaulan dan pencermatan perubahan Solo yang intens, memungkinkannya mengenal cukup detil tentang kota yang menjadi kota keduanya.

Selain pernah bekerja untuk situs berita detikcom dan majalah DR, pengelola juga membuat reportase umum dan budaya untuk The Jakarta Post sejak 2000 hingga kini, serta pernah menjadi kontibutor untuk VENUE, majalah khusus dunia meeting, incentive travel, conventions anda exhibition (MICE). Selain kecintaannya menulis, karya-karya foto jurnalistiknya juga pernah dipublikasikan di sejumlah media serta kantor-kantor berita asing.

Blontank Poer juga dekat dengan dunia seni pertunjukan, yang sudah diakrabi selama lebih dari 15 tahun. Kecintaannya pada seni pertunjukan dibuktikannya dengan pembuatan dokumentasi beragam peristiwa seni melalui karya fotografi, serta terlibat dalam proses produksi dengan sejumlah seniman. Koleksi fotonya pernah dipamerkan di Jakarta, Bandung dan Solo pada 1999 atas sponsor The Ford Foundation bekerja sama dengan Taman Budaya Jawa Tengah.

Pada 2009, karya-karya fotografi tentang tari Indonesia juga dipamerkan atas undangan Goethe Institut, Jakarta dalam rangka Regional Dance Summit, yang menghadirkan kelompok tari dan koreografer dari negara-negara ASEAN plus Jerman, Australia, dan New Zealand.

 

@mursid88

Setiyo Mursid, Front-end Designer & Web Developer yang hampir tujuh tahun bergelut di dunia online dan aktif di media sosial.  Suka jalan-jalan, blusukan Solo, mider pasar, dolanan parikan, dan berburu kuliner di Solo.

Sangat tertarik di dunia desain dan pemrograman. Pada 2009 bekerja di Divisi Multimedia, Self Access Terminal (SAT) Pusat Komputer UNS. Tahun 2011 bekerja sebagai web designer di Salingsilang — perusahaan yang menyediakan informasi media sosial Indonesia, sekarang bekerja sebagai mobile apps designer di perusahaan pengembang aplikasi berbasis mobile.

 

Dony Alfan

@donyalfan

Dony Alfan, pekerja foto komersial dan penulis konten. Pernah bekerja sebagai jurnalis pada sebuah koran lokal di Solo dan pengisi konten untuk sebuah website khusus kuliner dari Salingsilang.com. Pemenang Pesta Blogger Award 2009 untuk kategori blog pariwisata terbaik.

Aktif di social media, senang menjelahi Solo dan sekitarnya, pecinta wisata kuliner, dan hobi joging sore di Manahan.

 

andrean saputro @andreanisme

@andreanisme

Andrean Saputro, bekerja sebagai staff keuangan di salah satu perusahaan asuransi dan menjadi pekerja website untuk mengisi malam harinya.

Hobby blogging sejak 2009 dan aktif berkomunitas di Komunitas Blogger Surakarta dan sekitarnya, Bengawan. Sebagian tulisannya bertema sekitar teknologi dan ulasan produk sosial media.

Selain berhubungan dengan blog, dia juga memiliki kegemaran lain seperti bermain game dan bermain basket.

 

@hasssan

Hasssan Aly, seorang Web Developer dan Blogger sejak sekian waktu lalu, yang tertarik mendalami teknologi informasi, sastra dan wanita. Lahir di Solo, besar di Klaten, dewasa di Solo (sampai saat ini), aktif sebagai web administrator yang kadang benerin situs kena hack, penulis berkala di beberapa blog dan kotak komentar, gamer di sela-sela waktu sibuk, pembaca setia semua buku selain buku pelajaran sekolah, web developer kala waktu bekerja, dan menikmati Solo malam hari.

 

@mashendri

Hendri Destiwanto, Pekerjaan sehari-harinya memanaj salah satu perusahaan swasta di Kota Solo yang bergerak di bidang IT Services dan Maintenance. Seorang Blogger dan IT Trainer yang bekerja di bawah komunitas Blogger Bengawan Solo. Aktivis gerakan Open Source di bawah bendera Komunitas KPLI Solo. Sekarang  bertempat tinggal di Rumah Blogger/ #RBI, Jl Apel III no 27, Jajar. Pemilik website http://mashendri.com.

 

Dengan pengalaman itu, pengelola berharap Anda tidak ragu lagi akan sajian TentangSolo. Dengan TentangSolo pula, kami akan membantu Anda merencanakan berbagai keperluan Anda di Solo dan sekitarnya. Ingin sekadar plesiran sendirian atau bersama keluarga atau teman kerja, tim kami akan senang bisa membantu Anda.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri kalau kami juga membutuhkan kritik, saran dan masukan demi kenyamanan Anda. Kami pun terbuka untuk semua keperluan promosi usaha Anda dan terjalinnya kerja sama. Untuk itu, jangan segan menghubungi kami.

Salam.
TentangSolo

Comments

comments

13 Responses

  1. Dewi says:

    Komen pertama nih? Whahaha.
    Saya dari lahir sampe SMA tinggal di Solo lalu melanjutkan hidup dan kuliah di Jogja. Otomatis, saya sering naik Pramex, hehe. Dan teman2 saya pada ngiri kalo saya pulang pas weekend. Naik kereta pula. Mereka juga pengen, katanya.
    Alhasil, kalau musim liburan, banyak teman saya yang ngikut saya ke Solo. Sebagai tuan rumah yang baik, saya ajak mereka jalan-jalan keliling Solo. Saya kenalkan macam-macam yang ada di Solo. Dan mereka seneng. Saya juga baru nyadar, ternyata Solo punya potensi pariwisata yang waw! Lama-lama saya pikir, boleh juga kalo mau bikin paket wisata ke Solo. List saya udah lumayan nih, hehe.
    Sukses buat @tentangSolo. Jadikan referensi utama buat para calon turis Solo dan tebar virus positif seantero Solo. 😀

    • mursid88 says:

      Halo mbak Dewi, matur nuwun sudah berbagi cerita di sini. Btw boleh lho kalo mau ikut jadi penulis tamu di web ini. 🙂

      • emonye says:

        Manteb euy websitenya TentangSolo. Ntah kenapa aku lebih nyaman baca twit dan website tentangSolo, bukan yang lain 😀

        Ternyata dibalik layarnya diisi orang-orang hebat yang jago website dan blogger/penulis handal berpengalaman 🙂

  2. WAHYUDI WIDODO says:

    nimw masuukkan ivent budaya yang akan kami laksanakan 8 September 2013, caranya g’mana ya mas…. ya buat mantapkan aja bahwa koto solo…tetapmenjadi yang terdepan dalam inovasi budaya…..wahyudi.. pimpinan sanggar seni tradisional ” KRIDHO BUDOYO ” Semanggi, Surakarta

    • mursid88 says:

      kalo biar masuk list calender event resmi Kota Solo langsung datang saja ke tourism center atau ke disbudpar.
      kalo pengen masukin di web ini tinggal bagi saja info acaranya di komentar ini, nanti kami masukkan di list.
      nuwun 🙂

  3. rizadit says:

    Numpang blogwalking mas..
    blog nya bagus..

    Solo itu udah saya anggap rumah kedua saya.
    Walopun bukan orang Solo asli, tapi sejak SD sampe SMA saya menghabiskan waktu disana. Sekarang tinggal menetap di Jakarta dan selalu Solo bisa membuat saya pulang kembali hanya sekedar menengok orang tua.. bahkan saya punya keinginan untuk kembali ke Solo, mencari penghidupan dan mengejar impian disana 🙂

    • mursid88 says:

      matur nuwun mas,
      mumpung masih muda bekerja ke mana saja bebas, kelak pasti akan kembali untuk menikmati hari tua di kota yang teduh dan berbudaya ini.
      ada kalimat menarik cuplikan dari Kitab Solo: “Solo telah banyak berubah, tapi selalu teraba benang merahnya, ungkapan: Solo, ya tetep Solo. Kita bisa datang dan pergi ke Solo, tapi kita tak pernah bisa meninggalkannya”.

  4. Riyadi Nugroho says:

    Saya pengagum kota Solo,dan saking kagum dan tertariknya pada kota Solo sudah banyak barang2 produk kota Solo yg sudah saya beli,termasuk pesawat TV merk GIATEK. saya tsb sekarang rusak dan saya kesulitan utk mencari Service centre/Customer service (dalam buku petunjuk cuma ada alamat Jl.Kencur no.17 Solo,Sukoharjo tidak ada nomor telepon. toko tempat saya beli teleponya tidak bisa dihubungi) saya baru menikmati TV GIATEK 2bulan dan rusak sampai sekarang. Kepada redaksi mohon bantuanya

  5. derikzaikza says:

    ada peta-nya gak sih? peta terintegrasi google gitu biar enak

  6. Informatif dan bermanfaat bagi Saya, seorang pendatang. Jadi referensi nih jika pengin jalan-jalan ke kota Solo.
    Salam kenal dari Emak Blogger Solo

  7. Acun Lhok says:

    Assalamualaikum…Saya Asrul dari ACEH, Mau nanya info ne mas,..Kapan diadakan kembali SIEM Festifal solo? mohon Informasinya mas… Terimakasih

Tinggalkan Komentar